“Masjid di Hati Setiap Insan – Dari Masjid Membangun Ummat”

“Dana Ummat Jadi Pilar Utama Untuk Menopang Perekonomian dan Kesejahteraan Ummat”
  • Home
  • Berita
  • Menjadi Amal Kebaikan Berantai untuk Kebangkitan Kepedulian Ummat

Jum'at Barokah - Sarapan dan Makan Gratis

Menjadi Amal Kebaikan Berantai untuk Kebangkitan Kepedulian Ummat

Aziz AR Panjaitan Minggu, 05 Juli 2020 08:50 WIB
Ananda/Ais

Suasana di Kedai Sarapan-Rasa Nusantara saat Jum'at Barokah-Sarapan Gratis, pada Jum'at 3 Juli 2020

Upaya menghidup-hidupkan kepedulian sosial serta menumbuhkan kebersamaan terasa betul di dalam Program Jum'at Barokah. Kegiatan "Jum'at Berbagi" besutan H. Efriandi SE dan Hj Lala Jacklane P SE ini dimulai dengan "Sarapan Gratis" di Jum'at 3 Juli 2020 lalu.


DUKUNGAN pelaksanaan "Jum'at Barokah" ini semula sepenuhnya dari Kedai Sarapan "Rasa Nusantara" milik pasangan suami istri H. Efriandi SE dan Hj Lala Jacklane P SE. Mereka menyiapkan "Sarapan Gratis" setiap Jum'at-nya sebanyak 30-40 bungkus/porsi Nasi Liwet dan Nasi Kuning. Namun setelah Efriandi dan Lala bercerita kepada teman-teman dekatnya, mendapat support yang cukup baik. Bahkan dalam perhitungan Bang Andi, panggilan akrab Efriandi, setiap Jum'at bisa menyediakan nasi bungkus untuk sarapan atau makan gratis sebanyak seratusan bungkus/porsi.



"Jum'at perdana kita mulai, 3 Juli 2020 kemarin, kita sudah bisa menyiapkan dan membagikan 105 bungkus. Selain teman-teman baik saya dan istri saya, kabar ini ternyata telah berantai. Dari teman saya Bang Aziz ia pun menyampaikan ke temannya dan group pertemanan WhatsApp nya, sehingga yang ikut mensupport kegiatan ini semakin banyak. Terlebih dari para penggiat media sosial," jelas Andi.



Dikatakan, kegiatan ini kiranya terus bergulir dan terus berantai. Ke depannya menurut Andi, tidak hanya Kedai Sarapannya "Rasa Nusantara" yang menyiapkan masakannya. Bisa jadi juga akan bekerjasama dengan rumah makan, kedai nasi, atau pengusaha kuliner lainnya. Selain berbagi ke sesama orang per orang, kita juga berniat membantu para UMKM, khususnya yang bergerak di dunia kuliner untuk bangkit."




Di lokasi berbagi sarapan atau berbagi makanan, pihaknya juga menyiapkan kotak infak dari UPZ. Masjid Al Issyah Hakim. Tujuan kotak infak ini menurut Andi, untuk kegiatan amal yang berantai. "Kita akui, bahwa tidak semua orang yang kita beri makanan gratis itu orang tidak mampu. Mungkin saja di antara mereka ada yang memang mampu. Jadi setelah menerima sarapan gratis, dia pun berinfak ke UPZ Masjid Al Issyah Hakim melalui kotak infak yang disediakan. Setalah dibagi, ia pun berbagi. Ini namanya kebaikan yang berantai. Nantinya, uang yang terkumpul di UPZ Masjid Al Issyah Hakim sendiri, akan disalurkan sesuai program yang telah ditetapkan UPZ yang memang berada di bawah koordinasi Baznas tersebut," katanya lagi menerangkan.



Sepengamatan penulis yang juga relawan pada kegiatan ini, melihat bahwa ajakan berbagi di setiap Jumat telah menyebar luas. Bahkan seorang perwira TNI yang bertugas di Kodam I/Bukit Barisan, Bapak Letkol Czi Wenrizal SAg juga ikut mensupport. Ada juga nama yang sempat penulis kenali dan ikut menyumbang, di antaranya Bapak Satya P Lubis ST seorang pengusaha distributor produk Alanabi yang berkantor di 99 Tour Travel Express, Jalan Karya Kasih, Nomor 58 H Medan Johor. Lalu Bapak Faisal pengusaha toko "Rahmad Plastik" yang ada di Jalan Karya Jaya di Depan Pasar Tradisional JBBC Pasar Lima. Berikutnya Bapak Imam, Nopti Olanda, Rico, Daru, Budi, an. Alm Rosna dan Alm J Hadiwijaya, Syahrifah, Andre, Rauli, Sofi, Oktariani, dan Bambang Ponco Asmoko.



Mulai Jum'at akan datang juga telah menyampaikan keikut sertaannya untuk memberikan support dana, Bapak Pandapotan Nasution selaku Ketua UPZ Masjid Al Issyah Hakim (sebagai pribadi) dan Bapak Muhammad Syafii yang juga pengusaha konveksi dan salah satu pendiri 212 Mart di Denai Ujung-Simpang Pasar 7 Tembung.


"Jum'at depan saya ikutan ya," kata Bang Dapot sembari mengulurkan sejumlah rupiah kepada Bang Andi menandakan keikutsertaannya sebagai pribadi mensupport dana pada kegiatan ini. Terlihat juga pada Jum'at perdana kegiatan ini, kehadiran Bapak Suardi Kamal sebagai Pengurus UPZ Masjid Al Issyah Hakim yang ikut mensupport Sarapan Gratis di Kedai Sarapan Rasa Nusantara, jalan Karya Jaya Ujung/ Jalan Besar Namorambe, Nomor 168N (Depan Gelora Supermarket), Medan Johor.




Pada kesempatan itu, sebagai relawan, penulis juga ikut membagi-bagikan sarapan gratis dengan cara "on the road" ke abang-abang becak, para penarik ojek online dan pedagang di beberapa tempat di sekitar Medan Johor, kota Medan. (aziz)

Editor: Aziz AR Panjaitan

Sumber: Liputan Langsung

T#gs
Berita Terkait
FB Comments