“Masjid di Hati Setiap Insan – Dari Masjid Membangun Ummat”

“Dana Ummat Jadi Pilar Utama Untuk Menopang Perekonomian dan Kesejahteraan Ummat”

UD. Ayam Potong Hijrah

UD. Ayam Potong Hijrah
Jalan Karya Wisata Ujung
H. Mukhtar HP-081396605599


H. MUKHTAR YUSUF Putra asal Aceh saat ini masih bekerja di PT. Infomedia Nusantara sekaligus adalah owner dari UD. Ayam Potong Hijrah. Menarik untuk mengulas usaha ayam potong tersebut setelah kami berkesempatan mengunjungi outlet UD. Ayam Potong Hijrah yang berlokasi di Jalan Karya Wisata Ujung tidak seperti umum-nya usaha ayam potong yang kita temui di pasar-pasara atau dipinggir jalan yang tidak begitu mengindahkan faktor Syar;i, kebersihan serta hygenis. Outlet UD Ayam Potong Hijrah sangat bersih untuk kategori Rumah Potong Ayam. dan yang membuat saya suprise adalah proses pemotongan ayam di UD. Ayam Potong Hijrah berbeda jauh dengan yang umum kita lihat yaitu :

1.Ayam wajib disembelih oleh 2 orang wajib dihadapkan ke kiblat jika saat tertentu tenaga penyembelihan sendirian,disediakan alat bantu killing cone yang didesign khusus sebagai pengganti pemegang ayam,tidak seperti yang ditemukan di banyak tempat penjual ayam potong yang lain yang disembeli sendirian dengan cara mematahkan leher ayam kebelakang agar bisa dipegang dengan satu tangan,karena satu tangan lagi memegang pisau ( cara seperti ini dikhawatirkan 3 urat tidak putus sempurna karena si penyembelih sebelum potongan tidak bisa memposisikan 3 urat untuk dipotong.

2.Setiap ekor ayam yng disembelih oleh penyembelih wajib membaca Bismilllah Allahu Akbar.

3.Setiap selesai menyembelih 1 ekor ayam,pisau yang sudah berdarah wajib dicuci dulu baru boleh dipakai menyembelih ayam berikutnya. H.Mukhtar menerangkan secara fikih darah adalah najis sehingga jika langsung digunakan untuk menyembelih ayam lain,ini sudah tidak memenuhi prinsip syariah.Hal ini suah kita temui di usaha ayam potong pada umumnya.

4.Pematian ayam juga menggunakan areal yang luas ( tidak dalam keranjang atau tong ) hal ini agar ayam mati degan sempurna dari sebab penyembelihan bukan karena tertindih/tertimpa ayam lain,menurut H.Mukhtar jika penyebab ayam mati adalah tertimpa ayam lain bisa jadi ayam tersebut masuk dalam kategori bangkai ( karena bukan mati karena akibat penyembelihan ),ini yang hal berbeda ke 2

5.Ayam yang sudah mati sebelum direbus dicuci dulu agar bersih dari darah dan kotoran,sehingga air rebusan ayam tetap bersih,sehingga setelah proses pembubutan untuk menghilangkan bulu karkas ayam tidak berbau amis,sepertinya proses ini hanya hanya bisa dijumpai di UD Ayam Potong Hijrah,ini dimungkinkan karena ada instalasi air bersih yang sengaja dirancang untuk memenuhi kriteria tersebut,ini hal berbeda yang ke 3.

6.Outlet UD. Ayam Potong Hijrah sangat ketat menerapkan kebersihan, agar daging ayam yang dijual disamping Halal juga harus Hygenis. Kepedulian terhadap Halal langsung tercermin saat berada di outlet UD. Ayam Potong Hijrah dengan adanya poster poster kebijakan halal. Sekitar 1,5 tahun lalu H. Mukhtar Yusuf dan keluarga sudah tidak mau makan ayam potong, ini dikarenakan karena hampir semua outlet ayam potong diseputaran Johor dia lihat sangat tidak peduli pada proses pemotongan ayam sesuai syar’i dan kebersihan tempat jualan. Bertepatan saat itu beliau ingin membangun sebuah usaha sebagai persiapan pensiun dari karyawan ( 4-5 tahun lagi).


Sekitar 1,5 tahun lalu H. Mukhtar Yusuf dan keluarga sudah tidak mau makan ayam potong, ini dikarenakan karena hampir semua outlet ayam potong diseputaran Johor dia lihat sangat tidak peduli pada proses pemotongan ayam sesuai syar’i dan kebersihan tempat jualan. Bertepatan saat itu beliau ingin membangun sebuah usaha sebagai persiapan pensiun dari karyawan ( 4-5 tahun lagi). Untuk mewujudkan kriteria kriteria diatas H. Mukhtar sengaja menyewa 1 unit ruko sebagai outlet UD. Ayam Potong Hijrah, sehingga leluasa untuk mendesign layout dan membangun instalasi tempat kerja yang mendukung untuk proses pemotongan ayam yang sesuai syar’i dan hygenis. Atas penerapan prinsip prinsip syar’i, tempat kerja yang bersih (hygenis), dan kedisiplinan pekerja dalam penerapan praktek syariah setelah audit oleh LPPOM MUI Sumatera Utara UD. Ayam Potong Hijrah dinyatakan lulus sertifikasi HALAL dengan nomor registrasi 09020012731219 yang ditetapkan pada 26 Desember 2019. Alhamdulillah saat ini UD.AYAM POTONG HIJRAH dengan Motto “ Utama Sesuai Syariah” dengan standar sistem jaminan Halal sesuai ketentuan LPPOM MUI telah memasuki usia 1 tahun 4 bulan, meski ditengah pandemik Covid 19 maih bisa bertahan dengan segmentasi konsumen : Masyarakat muslim yang sangat peduli terhadap kehalalan makan yang dimakan Seperti kata para Sufi dan bijak bestari,Dewasa ini,banyak orang –orang muslim yang membelanjakan uang halalnya.Dengan membeli makanan haram untuk di konsumsi keluarganya. Masyarakat umum yang peduli dengan kebersihan dan Higinitas. Hotel Garuda Plaza merupakan salah satu konsumen dari UD. Ayam Potong Hiijrah disamping rumah makan, warung bakso dan lain lain.

Di Outlet UD. Ayam Potong Hijrah kita bisa membeli berbagai jenis daging ayam, diantaranya :

a. Ayam Boiler biasa

b. Ayam Pop

c. Ayam Kampung

d. Ayam Boiler Herbal

Disamping ayam UD. Ayam Potong Hijrah juga menjual produk Frozen yang merupakan olahan produk turunan dari ayam yang halal, yaitu :

a. Risol Ayam

b. Nugget Ayam

c. Bakso Ayam

d. Sosis Ayam

yang merupakan produksi istri H. Mukhtar Yusuf (bu Hj. Yuslihartina) sebagai usaha rumahan. Istri pak Haji Mukhtar Yusuf ini mempunyai hobby membuat kue, yang sudah sangat dikenal oleh ibu ibu tetangga baik dikomplek tempat tinggal maupun diluar komplek yang kerap memesan kue seperti Bolu Tape dan Brownis Kukus, Brownis Bakar dan aneka kue lainnya. Kelebihan dari kue bu Hj Yuslihartina adalah dibuat dari bahan bahan terbaik sehingga menghasilkan kue dengan kualitas tinggi dan rasa yang enak, serta tidak menggunakan pengawet dan machine. Kelebihan lainnya adalah kue hanya dibuat saat ada pesanan sehingga benar benar fresh.


Disamping belanja langsung ke outlet UD. Ayam Potong Hijrah, kita juga bisa memesan produk produk UD. Ayam Potong Hijrah melalui Whatsapp, tersedian layanan Delivery Service dengan memesan ke nomor Inshaa Allah kami akan langsung kirim sesuai pesanan Anda .


Berikut beberapa dokumentasi visual outlet dan aktifitas di UD. Ayam Potong Hijrah :