“Masjid di Hati Setiap Insan – Dari Masjid Membangun Ummat”

“Dana Ummat Jadi Pilar Utama Untuk Menopang Perekonomian dan Kesejahteraan Ummat”

Penyaluran UPZ Bidang Pendidikan

Di Serambi Masjid Kami Mengaji

Cerita Dibalik Kegiatan Maghrib Mengaji di Masjid Al Issyah Hakim
Aziz AR Panjaitan Kamis, 27 Februari 2020 19:30 WIB
Edi H Tambunan

Penyerahan hadiah mengaji bulan Pebruari 2019

Pendidikan merupakan program yang kerap disentuh oleh UPZ Al Issyah Hakim. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan pengetahun generasi penerus Islam tentang Alqur’an sejak dini. Mengutip pepatah,”belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air.”




TERDENGAR anak-anak sedang menlantunkan ayat-ayat pendek dari juz 30 Alqur’anul Karim. Sedangkan yang beranjak remaja mulai membaca surat dengan ayat yang panjang-panjang, seperti Surat Al Baqarah.

Mereka duduk melingkar, dan di antara mereka ada yang bertindak sebagai ustadz di pihak laki-laki dan ustadzah di pihak perempuan. Sang ustadz sesekali terdengar mengoreksi bacaan, baik makhrozatil huruf (kefasihan pengucapan ejaan dari tempat keluarnya huruf hijaiyah) maupun tentang hukum tajwidnya. Tentunya dengan tujuan agar murid mengaji dapat membaca Al Quran sesuai kaedah,”warottilil qur’ana tartila” (membaca Al qur’an dengan tartil" yakni salah satunya adalah menjaga tajwidnya).



Inilah aktivitas yang terlihat ba’da Maghrib di serambi Masjid dan tempat-tempat tertentu di lingkungan Masjid Al Issyah Hakim, Jalan Karya Jaya/ Namorambe, Deli Serdang. Kegiatan di serambi masjid kami mengaji atau “maghrib mengaji” ini menjadi rutinitas dari Senin-Kamis setiap pekannya.

Menurut Nelson Hanafi Dalimunte, salah satu guru mengaji, bahwa murid mengaji di masjid ini ada 23 laki-laki dan 25 perempuan. Dikatakannya, mereka cukup antusias. Apalagi aktivitas anak mengaji ini menjadi perhatian serius pihak UPZ Al Issyah Hakim.

“Bagi anak yang dinilai berprestasi akan diberi hadiah. Pemberian hadiah itu setiap bulan dilakukan. Gebrakan ini cukup baik sebagai meningkatkan ghirah anak-anak untuk lebih baik lagi,” katanya.



"Yah…, antusiasme itu begitu terlihat oleh Reporter Web Kami". Terlebih saat hadiah diumumkan. Suasana ceria dan senyum syukur dari wajah-wajah polos itu menjadi gambarannya. Seperti yang terlihat Senin Malam, 8 April 2019. Saat hadiah periode April 2019 diserahkan.



“Perkembangannya cukup baik. Kami bangga menjadi guru mengaji mereka. Lebih bangga lagi punya UPZ Al Issyah Hakim dan BKM Al Issyah Hakim yang terus memperhatikan kegiatan mengaji di masjid ini,” kata Dila boru Hombing yang membimbing anak mengaji perempuan. (red)

Editor: Aziz AR Panjaitan

Sumber: Hasil Reportase

T#gs MaghribMengajiPendidikan
Berita Terkait
FB Comments